Langsung ke konten utama

Materi Pemrograman Perangkat Bergerak


 

๐Ÿ’ป Materi Pemrograman Perangkat Bergerak SMK (PPB)

๐Ÿงฉ Kelas 11 – Dasar Pemrograman Mobile

๐Ÿ“ฑ 1. Pengenalan Perangkat Bergerak

  • Jenis perangkat bergerak (smartphone, tablet, wearable)

  • Sistem operasi mobile: Android, iOS

  • Perbedaan pemrograman desktop dan mobile

๐Ÿ›  2. Lingkungan Pengembangan Aplikasi Mobile

  • Android Studio (untuk Android)

  • Flutter SDK atau Java/Kotlin

  • Emulator dan pengujian perangkat

๐Ÿ’ก 3. Dasar Pemrograman Mobile

  • Struktur project Android

  • Activity, layout XML

  • Lifecycle aplikasi

  • UI sederhana (TextView, Button, ImageView)

๐ŸŽฎ 4. Interaksi Pengguna (Event Handling)

  • OnClickListener

  • Input pengguna (EditText)

  • Toast dan AlertDialog

๐Ÿงพ 5. Intent dan Navigasi

  • Intent eksplisit dan implisit

  • Navigasi antar Activity

  • Mengirim data antar halaman

๐Ÿ—‚ 6. Layout dan Komponen UI

  • LinearLayout, RelativeLayout, ConstraintLayout

  • ScrollView, ListView, RecyclerView (pengenalan)

  • Adapter dasar


๐Ÿงฉ Kelas 12 – Lanjutan dan Pengembangan Aplikasi

๐Ÿงญ 1. Flutter / Kotlin Dasar (opsional sesuai sekolah)

  • Widget dasar (Scaffold, AppBar, Column, Row)

  • Navigasi antar halaman (Navigator)

  • Stateless & Stateful widget (Flutter)

๐Ÿ“‚ 2. Database Lokal

  • SQLite atau Room (Android native)

  • CRUD sederhana (Create, Read, Update, Delete)

  • Tampilan data ke RecyclerView / ListView

☁️ 3. Koneksi API (Lanjutan)

  • Pengenalan REST API

  • HTTP request: GET, POST, PUT, DELETE

  • Menggunakan Retrofit (Android) atau http (Flutter)

๐Ÿ” 4. Autentikasi Sederhana

  • Login dan Register form

  • Penyimpanan session/token

  • SharedPreferences (Android)

๐Ÿงฉ 5. Proyek Akhir Aplikasi Mobile

  • Perencanaan aplikasi (mockup, flowchart)

  • Implementasi fitur-fitur dasar

  • Dokumentasi dan presentasi aplikasi


๐Ÿงช Praktikum Umum

  • Membuat aplikasi kalkulator

  • Aplikasi daftar belanja (todo list)

  • Aplikasi absensi siswa sederhana

  • Aplikasi catatan harian

  • Aplikasi resep makanan (dengan gambar & deskripsi)

  • Aplikasi informasi sekolah / toko online sederhana


๐Ÿ›  Tools Umum yang Digunakan

KebutuhanTool
IDEAndroid Studio / VS Code
BahasaJava, Kotlin, Dart (Flutter)
EmulatorAVD Android / Genymotion
Desain UIFigma / Canva (opsional)

๐Ÿ“˜ Output Pembelajaran:

  • Siswa mampu membangun aplikasi mobile dasar.

  • Siswa memahami struktur proyek dan navigasi aplikasi.

  • Siswa dapat menghubungkan aplikasi ke database lokal atau server.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Materi Matematika

  Materi Matematika SMK Kelas 10, 11, dan 12 ๐Ÿงฎ Kelas 10 SMK A. Bilangan dan Operasinya Bilangan bulat, pecahan, desimal Operasi hitung campuran Pangkat dan akar B. Aljabar Dasar Bentuk aljabar (penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian) Faktorisasi dan bentuk akar Persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel Sistem persamaan linear dua dan tiga variabel C. Fungsi dan Relasi Pengertian relasi dan fungsi Grafik fungsi linear dan kuadrat D. Statistika Data tunggal dan berkelompok Ukuran pemusatan: mean, median, modus E. Peluang Dasar Konsep peluang Peluang kejadian sederhana ๐Ÿงฎ Kelas 11 SMK A. Barisan dan Deret Barisan dan deret aritmatika Barisan dan deret geometri B. Persamaan Kuadrat Akar-akar persamaan kuadrat Rumus kuadrat dan diskriminan C. Fungsi Kuadrat Bentuk grafik parabola Titik puncak dan sumbu simetri D. Matriks dan Operasinya Penjumlahan dan pengurangan matriks Perkalia...