๐ป Materi Pemrograman Perangkat Bergerak SMK (PPB)
๐งฉ Kelas 11 – Dasar Pemrograman Mobile
๐ฑ 1. Pengenalan Perangkat Bergerak
-
Jenis perangkat bergerak (smartphone, tablet, wearable)
-
Sistem operasi mobile: Android, iOS
-
Perbedaan pemrograman desktop dan mobile
๐ 2. Lingkungan Pengembangan Aplikasi Mobile
-
Android Studio (untuk Android)
-
Flutter SDK atau Java/Kotlin
-
Emulator dan pengujian perangkat
๐ก 3. Dasar Pemrograman Mobile
-
Struktur project Android
-
Activity, layout XML
-
Lifecycle aplikasi
-
UI sederhana (TextView, Button, ImageView)
๐ฎ 4. Interaksi Pengguna (Event Handling)
-
OnClickListener
-
Input pengguna (EditText)
-
Toast dan AlertDialog
๐งพ 5. Intent dan Navigasi
-
Intent eksplisit dan implisit
-
Navigasi antar Activity
-
Mengirim data antar halaman
๐ 6. Layout dan Komponen UI
-
LinearLayout, RelativeLayout, ConstraintLayout
-
ScrollView, ListView, RecyclerView (pengenalan)
-
Adapter dasar
๐งฉ Kelas 12 – Lanjutan dan Pengembangan Aplikasi
๐งญ 1. Flutter / Kotlin Dasar (opsional sesuai sekolah)
-
Widget dasar (Scaffold, AppBar, Column, Row)
-
Navigasi antar halaman (Navigator)
-
Stateless & Stateful widget (Flutter)
๐ 2. Database Lokal
-
SQLite atau Room (Android native)
-
CRUD sederhana (Create, Read, Update, Delete)
-
Tampilan data ke RecyclerView / ListView
☁️ 3. Koneksi API (Lanjutan)
-
Pengenalan REST API
-
HTTP request: GET, POST, PUT, DELETE
-
Menggunakan
Retrofit
(Android) atauhttp
(Flutter)
๐ 4. Autentikasi Sederhana
-
Login dan Register form
-
Penyimpanan session/token
-
SharedPreferences (Android)
๐งฉ 5. Proyek Akhir Aplikasi Mobile
-
Perencanaan aplikasi (mockup, flowchart)
-
Implementasi fitur-fitur dasar
-
Dokumentasi dan presentasi aplikasi
๐งช Praktikum Umum
-
Membuat aplikasi kalkulator
-
Aplikasi daftar belanja (todo list)
-
Aplikasi absensi siswa sederhana
-
Aplikasi catatan harian
-
Aplikasi resep makanan (dengan gambar & deskripsi)
-
Aplikasi informasi sekolah / toko online sederhana
๐ Tools Umum yang Digunakan
Kebutuhan | Tool |
---|---|
IDE | Android Studio / VS Code |
Bahasa | Java, Kotlin, Dart (Flutter) |
Emulator | AVD Android / Genymotion |
Desain UI | Figma / Canva (opsional) |
๐ Output Pembelajaran:
-
Siswa mampu membangun aplikasi mobile dasar.
-
Siswa memahami struktur proyek dan navigasi aplikasi.
-
Siswa dapat menghubungkan aplikasi ke database lokal atau server.
Komentar
Posting Komentar